Hari Perlindungan Anak-anak Sedunia 1 Juni 2017

0
137

Tahukah kamu 1 Juni diperingati sebagai hari apa? Ya, Kelahiran Pancasila dan Hari Perlindungan Anak Internasional. Sekarang kita bahas dulu tentang hari yang disebut terakhir yuk!

Secara internasional, Hari Perlindungan Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni. PBB sendiri memperingati Hari Anak Sedunia setiap tanggal 20 November.

Hari Anak merupakan acara penting yang peringatannya memiliki tanggal yang berbeda-beda di setiap negara. Perayaan sekaligus hari besar ini bertujuan untuk menghormati hak-hak bagi seluruh anak di dunia.

Tanggal 1 Juni dipilih atas kesepakatan dalam Konferensi Dunia untuk kesejahteraan anak di Jenewa Swiss pada tahun 1925. Hal tersebut juga disepakati oleh Federasi Demokrasi Wanita di Moskow pada 1949.

Dalam federasi tersebut terdapat 51 negara yang menyepakati tanggal 1 Juni sebagai hari Perlindungan anak International.

Isu kesejahteraan anak memang menjadi topik yang selalu diangkat dalam konferensi besar. Akhirnya PBB ikut mendeklarasikan bahwa 20 November dipilih sebagai hari anak internasional atau hari anak sedunia.

Perayaan hari anak selalu ditandai dengan kegiatan yang mengangkat kegembiraan anak-anak. Seperti berkemah, pidato anak-anak, pertujukan dan hal-hal menyenangkan lainnya untuk menghibur anak-anak. Tidak sedikit negara merayakanya sebagai hari libur nasional.

Seperti negara-negara lainnya, Indonesia pun memiliki tanggal yang berbeda untuk memperingati Hari Anak secara Nasional, yaitu jatuh pada tanggal 23 Juli. Keputusan ini juga didasarkan atas keputusan Presiden Republik Indonesia No. 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984, yang kala itu dijabat Oleh Soeharto.  (CNN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here